DWI NABELLA HENDRA APRIAWAN , NETWORK ENGINEER , D4 TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Sabtu, 14 Juni 2014

Penulisan Perancangan Sistem



Menulis Perancangan Sistem dalam penelitian
Rancangan eksperimen yang digunakan tergantung dari metode penelitian yang akan digunakan atau hipotesis yang akan diuji serta variabel yang akan diamati.
Bab III Analisis dan Perancangan Sistem
3.1 Tinjauan Umum
Menguraikan tentang gambaran umum obyek penelitian, seperti: latarbelakang perusahaan/institusi, visi, misi dan strategi, struktur organisasi, job description, permasalahan yang ada, kekurangan dan kelebihan sistem yang berjalan saat ini. 
3.2  Analisis
Menjelaskan konsep kegiatan analisis dan tujuannya kenapa langkah analisis perlu
dilakukan terhadap system yang akan diteliti.
3.2.1  Analisis Kelemahan Sistem
Menguraikan masalah / kelemahan yang terdapat di sistem lama. Ada 2 metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah, yaitu: kerangka berpikir PIECES (menurut HM. Jogiyanto di buku Analisis dan Desain Sistem Informasi, penerbit ANDI Yogyakarta), atau menggunakan metode  analisis SWOT. Setelah mengidentifikasi masalah, berikutnya adalah solusi penyelesaian untuk masalah yang ditemukan di sistem lama (Hasil Analisis Kelemahan Sistem).
3.2.2  Analisis Kebutuhan Sistem
Menguraikan kebutuhan system agar dapat system baru yang diusulkan untuk menyelesaikan masalah di system lama dapat di realisasikan. 
3.2.2.1  Kebutuhan Perangkat Keras
Menguraikan kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan untuk realisasi system yang diusulkan. Kebutuhan perangkat keras yang dijelaskan meliputi perangkat keras yang dibutuhkan pada saat pembuatan program dan pada saat program di implementasikan di obyek penelitian.
3.2.2.2  Kebutuhan Perangkat Lunak
Menguraikan kebutuhan perangkat lunak yang dibutuhkan pada saat pembuatan aplikasi.
3.2.2.3  Kebutuhan Informasi
Menguraikan kebutuhan output/ informasi yang akan di sajikan oleh aplikasi yang dibuat.
3.2.2.4  Kebutuhan Pengguna/ Brainware
Menguraikan kebutuhan pengguna yang nantinya akan mengoperasikan program yang sudah dibuat.
3.2.3  Analisis Kelayakan Sistem
Menguraikan analisis kelayakan system baru jika di implementasikan di obyek penelitian.
3.2.3.1  Kelayakan Teknologi
Menguraikan alasan mengapa secara teknologi, sistem yang di usulkan layak untuk diterapkan di obyek penelitian.
3.2.3.2  Kelayakan Hukum
Menguraikan alasan mengapa secara hukum system yang diusulkan layak (tidak melanggar hukum jika diterapkan di obyek penelitian.
3.2.3.3  Kelayakan Operasional
Menguraikan alasan kelayakan operasional. Bagaimana kesiapan sumber daya manusia di perusahaan/ obyek penelitian jika sistem benar-benar di implementasikan.
3.2.3.4  Kelayakan Ekonomi (bila diperlukan)
Menguraikan alasan-alasan kenapa secara ekonomi system yang diusulkan  (system baru) layak untuk diterapkan di perusahaan/ obyek penelitian. Untuk mendukung kelayakan ekonomi, maka diperlukan untuk membuat rincian biaya-biaya yang muncul ketika mulai tahap analisis system, pembuatan system dan perlu juga ditentukan umur ekonomis system. Setelah itu dapat dilakukan analisis biaya dan manfaat yang didalamnya terdapat perhitungan Payback Period, ROI (return of investment), NPV (net present value). (penjelasan tentang konsep kelayakan ekonomi, silahkan baca kembali buku Prof. Dr. HM. Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Penerbit ANDI Yogyakarta).
3.3  Perancangan Sistem
Menguraikan konsep pemodelan sistem dan alasan kenapa pemodelan sistem perlu dilakukan.
3.3.1  Perancangan Proses
Menguraikan pemodelan proses sistem yang dibuat menggunakan pemodelan fisik (phisycal model) dengan membuat flowchart system dan flowchart program dan pemodelan lojik (logical model) dengan membuat diagram konteks, diagram berjenjang proses, diagram alir data (DFD) level 0, level 1, dan seterusnya.
3.3.2  Perancangan Basis Data
Menguraikan perancangan media penyimpanan data dalam aplikasi dengan menggunakan metode ER-D Model dan teknik normalisasi untuk menghasilkan tabel-tabel dalam basis data.
3.3.3 Perancangan Interface/ Antarmuka
Menguraikan perancangan form-form yang ada dalam aplikasi. Meliputi perancangan form untuk pengguna umum dan pengguna administrator (jika terdapat beberapa tingkatan pengguna dalam aplikasi yang dirancang).

Sumber :

Pedoman Penyusunan Proposal dan Laporan Skripsi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta  2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar