DWI NABELLA HENDRA APRIAWAN , NETWORK ENGINEER , D4 TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Minggu, 17 Maret 2013

Analisis Protokol E-mail (SMTP) dengan Wireshark

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan.

Berikut ini analisis SMTP gmail melalui Microsoft outlook dengan Wireshark

Dari gambar diatas berarti server SMTP google dengan IP 173.194.79.108 memberitahukan bahwa sudah siap untuk kita mengirim email.

Gambar diatas menunjukan bahwa email yang kita kirim sudah berhasil dikirim dengan IP service 118.97.25.2 .

Proses pengiriman yang dilakukan oleh gmail dan yahoo berbeda dapat dilihat dari proses pengiriman email melalui yahoo sebagai brikut.


Alamat IP yahoo SMTP server adalah 106.10.167.87. pada saat mengirim email  pada tab simple mail protocol yang ditampilkan wireshark disitu terlihat dalam pengiriman dilakukan dengan lebih detail dari bagian- bagian email tersebut.

Kemudian gambar diatas adalah proses dalam SMTP yahoo server dari awal email dikirim hingga email terkirim ke alamat tujuan.

Dalam pengiriman email dengan yahoo ada pula protocol IMF(internet message format.) yang berisi detail isi email, tanggal pengirimam,alamat yang dituju dan software yang digunakan untuk mengirim email.

1 komentar:

  1. kenapa saya tdk ada protokol smtp ya ,yg ada hanya tcp dan tls?

    BalasHapus